Wednesday, September 21, 2011

Starbucks Di Tuntut


Starbucks dituntut sebesar tiga juga dolar AS olehseorang turis dari Virginia. Si turis mengatakan bahwa anakperempuannya yang berusia lima tahun menemukan satu kamera video yangtersembunyi di kamar kecil di salah satu toko di Washington.



William Yockey (28) menuduh kedai kopi global yang berbasis diSeattle itu melakukan pelanggaran privasi, kelalaian, "penderitaanemosional yang disengaja" serta lalai dalam perekrutan, pelatihan danpengawasan karyawan.
Yockey, yang membawa keluarganya ke ibu kota Amerika Serikat itupada April, "segera melaporkan hal yang memalukan dan menjijikkantersebut" kepada manajer toko itu, yang berada hanya beberapa blok dariGedung Putih, demikian tertulis dalam salinan gugatannya yangdiperlihatkan pada Selasa.
Polisi menggeledah kamar mandi dan menyelidiki kamera yangterselip di dalam pipa berbentuk U di bawah wastafel, menurutpenggugat, untuk menemukan sidik jari sebelum menyita kamera tersebutsebagai barang bukti, demikian tertulis dalam gugatan.
"Sungguh memalukan, bahkan hingga hari ini," kata Yockey kepadastasiun televisi ABC News. Ia menambahkan bahwa bila ada rekamanputrinya saat berada di kamar mandi "tersebar di internet, artinya iatelah dilanggar haknya".
Pengacara Yockey, Hank Schlosberg, melayangkan tuntutan lewatpengadilan Distrik Kolumbia sebesar satu juta dolar AS sebagaikompensasi dan dua juta dolar AS sebagai ganti rugi karena pelanggaranprivasi.
Juru bicara Starbucks belum dapat dimintai keterangan namun mingguanlokal "City Paper" menyatakan bahwa perusahaan itu telah berupaya namungagal untuk membatalkan gugatan karena Yockey belum membuktikankesalahan apa pun yang dilakukan karyawan Starbucks.
Mei lalu, polisi menangkap seorang pria mencurigakan yang merekamsetidaknya 40 perempuan dengan kamera tersembunyi di Starbucks diCalifornia sedangkan pria lain ditangkap pada Juni karena menaruhkamera di dalam kedai lain Starbucks di Florida.

No comments:

Post a Comment