Sunday, August 21, 2011

Google Beli Motorola


   Google Inc., raksasa mesin pencari Internet , Senin pekan lalu. Rilis resmi perusahan itu menyatakan Google mengakuisisi Motorola Mobility, unit bisnis Motorola yang memproduksi handset telepon seluler. 


   Nilai akuisisi itu menggiurkan: US$12,5 miliar atau Rp 107 triliun. Tentu, banyak yang tercengang, dan reaksi pasar dilukiskan begitu beragam. Di tengah ketatnya persaingan, sebagian percaya Google tinggal selangkah lagi menjadi penguasa dunia Internet. Yang pasti, jalannya menjadi kampiun kian mulus.
   Dalam pertarungan di pasar, Google sebetulnya sudah berada di depan. Dia sukses mengaduk-aduk pasar ponsel pintar dan tablet PC, setelah menggaet sejumlah partner yang memproduksi perangkat berbasis Android.
   Kini perang mendekati akhir. Barisan Google akan diperkuat Motorola. Dengan kekuatan itu, seperti dicatat Financial Times, perusahaan itu punya akses langsung atas 17.000 paten milik Motorola. Itu belum ditambah  7.500 paten lain yang masih dalam proses. 
   Tentu, paten dan perangkat milik Motorola adalah amunisi penting bagi Google melumpuhkan para pesaingnya. Mereka adalah Apple, RIM, dan Nokia. Juga para produsen smartphone lain berbasis Windows, baik dari sisi handset, ataupun sistem operasi.

No comments:

Post a Comment